Hasil seleksi Skripsi Tahap 4

No

Nama

Prodi

Judul

Pembimbing 1

Pembimbing 2

1

Rizal Shofiyul Aziz

SI

  1. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN DANA 
    PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (LKMS) DENGAN METODE AHP

    PADA KASUSNYA SETIAP KELOMPOK PEMINJAM YANG BERANGGOTAKAN MINIMAL 5 ORANGTIDAK BISA DI CAIRKAN SECARA BERSAMAAN SISTEM PENCAIRAN 2 2 1
    PADA PENENTUAN DI LAKUKAN SECARA MANUAL OLEH MANAGER UNTUK MENGGURANGI RESIKO KEKELIRUAN  DALAM MENENTUKAN SIAPA YANG PALING MEMBUTUHKAN MAKA SAYA AKAN MEMBUAT SPK PENENTU PENERIMA DANA PINJAMAN PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (LKMS) DALAM INPUTNYA
    MENGINPUT DATA NASABAH YANG PALING MEMBUTUHKAN TERLEBIH DAHULU HASILNYA AKAN KELUAR RANGKING SESUAI URUTANNYA

     

  2.  APLIKASI GODRIVER BERBASIS MOBILE

     Banyak seseorang driver yang tidak mempunyai mobil pribadi dan banyak seseorang yang pempunyai mobil tetapi tidak bisa mengemudikanya atau terlalu capek untuk mengemudikan sendiri.

    Dengan kondisi seperti itu maka saya inggin membuat amplikasi GODRIVER yang bertujuan untuk menyediakan driver yang sedang tidak bekerja atau pun yang ingin freelance dan memudahkan seseorang mencari driver dalam kondisi mendesak atau pun terencana.

    Dalam detail driver terdapat NAMA,FOTO, ALAMAT,KEAHLIAN(Mobil yg pernah di kemudikan), PENGALAMAN KERJA,SKCK dan SIM (Surat izin mengemudi ).

    Pendaftaran driver di verifikasi oleh admin dan perlu ada tes mengemudi biar terjamin keselamatan pengemudi dan merasa nyaman bagi penumpang.

    Ada 3 user : Admin, Penyewa, Driver

    Disetujui Judul Ke-2.


 

DR. H. Muhyiddin Zainul Arifin, SH, SE, M.M.

Primaadi Airlangga, M.IT.

2

Zahrotun Naily Rahmawati

IK

Sistem jemuran otomatis berbasis arduino dengan menggunakan sms gatway

Penjemuran otomatis bekerja dengan menggunakan berbagai sensor, sensor cahaya untuk mendeteksi adanya cahaya, sensor hujan untuk mendeteksi curah hujan, sensor kelembaban untuk mendeteksi kadar kelembaban udara, dan sms gatway dengan 2 arah yakni memberi peringatan pada pemilik jemuran ketika jemuran sedang beroperasi dan pemilik dapat mengirim perintah agar jemuran beroperasi.

 

Disetujui dengan revisi:

  • Fungsi SMS dalam sistem ini agar diperjelas, silahkan segera menghubungi pembimbing 2.

 

Ir. Moch. Noerhadi Sudjoni, M.B.A.

Sujono, S.Kom., M.Kom.

3

Gandi Suprayogi

IK

KONTROL RUANG KELAS UNWAHA DENGAN INTERNET MENGGUNAKAN ORANGE PI

Dengan kata lain pada era saat ini bisa dibilang merupakan era “Internet Of Things” atau lebih dikenal dengan singkatan (IOT). Salah satu penggunaan teknologi IOT adalah sebagai media sistem kontrol dan monitoring terhadap berbagai macam piranti elektronika. Berdasarkan jenis dan penggunaanya piranti elektronika dibagi menjadi 2, yaitu sensor dan aktuator. Sensor memberikan masukan kepada sistem kontrol berupa data, baik data analog maupun digital. Sedangkan aktuator membutuhkan data / perintah untuk bisa membuat dirinya bekerja/running. Data / perintah yang dibutuhkan bisa berupa data analog maupun data digital.

 

Pada aplikasi ini akan dibuat teknologi Internet Of Things sederhana, yaitu mengendalikan lampu ruang kelas melalui web server dan bisa diakses melalui internet . Terdapat 1 buah lampu, 1 kipas angin, 1 proyektor yang akan digunakan sebagai prototype yang berada dalam suatu ruang kelas. Semua akan dikontrol melalui website. Pada aplikasi ini menggunakan Orange Pi sebagai kontroller utamanya.

 

Disetujui

Ir. Zulfikar, M.Si.

Tholib Hariono, S.Kom, M.Kom.

4

Abdul Jalil

IK

sistem informasi pengaduan masyarakat berbasis web

banyak fasilitas masyarakat yang diberikan oleh pemerintah dan banyak juga yang sudah tidak layak pakai dan bahkan membahayakan bagi penggunanya, contohnya seperti infrastruktur jalan raya. selama ini terutama di media sosial facebook terdapat banyak komentar, keluhan, sindiran atau bahkan hujatan untuk infrastuktur jalan yang rusak kepada “pemerintah”. maka disini saya akan membuat sebuah perantara antara masyarakat dan juga pemerintah. terdapat 2 platform yaitu web untuk admin pemerintah dan android untuk masyarakat. dimana masyarakat harus membuat akun terlebih dulu. kemudian setelah daftar akun maka pengguna dapat melakukan aksinya, diantaranya mengirimkan foto infrastruktur yang rusak, dapat mengirimkan sebuah titik koordinatnya, dan yang pasti juga adalah komentar. Untuk admin tugasnya hanya menerima pengaduan dari masyarakat dan menampungnya didatabase. kemudian jika memang infrastruktur yang rusak tersebut sedang dalam proses perbaikan ataupun sudah selesai ditangani maka admin harus mengklarifikasi nya lewat aksi yang ada di aplikasinya, kemudian klarifikasi tersebut juga akan muncul dihalaman user android.

 

Tidak Disetujui.

  • Sistem ini termasuk bagian dari E-Government, yang telah digunakan dibeberapa kota.
  • Adanya fasilitas pengiriman titik koordinat, seharusnya sistem ini berbasis android

 

Silahkan dikonsultasikan ke Bpk. Tholib Hariono

   

5

Nuryadina Muntafarida

IK

DIAGNOSA KESEHATAN PRIBADI

Bagian

1. Cara mendiagnosa penyakit tertentu

2. Memasukkan gejala gejala yang dirasakan atau yang diderita untuk mendapatkan hasil analisa sementara menggunakan sistem pakar/SPK

Bagian pertama berisikan Gambar bisa berbentuk anatomi tubuh manusia atau gambar/foto gejala sakit yang di derita, Animasi, dan instruksi teks maupun suara untuk membatu masyarakat mendeteksi penyakit tertentu

Bagian ke- dua mendeteksi dengan pertama kali pengguna bisa memilih atau memasukkan daftar bagian tubuh yang dirasa tidak normal atau sakit. Bisa juga ada search cari gejala pilih gejala umum, pilih kulit atau tanda tanda yang sesuai bagian tubuh tersebut,setelah itu penyebabnya apa,langkah diagnosis, tips sampai ditersukan lebih jauh terhadap gejala gejala tersebut yang lebih spesifik lagi hingga menemukan analisa yang sesuai dari daftar gejala, tanda tanda tersebut.

judul ke 2

Sistem aduan masyarakat tata kota berbasis web GIS

 Warga dapat melaporkan hal yang berkaitan dengan tata kota secara langsung

Ilustrasi contoh:

Ada pohon yang membahayakan(sudah mau roboh) pengguna jalan, kemudian salah satu pengguna jalan melaporkan dengan menggunakan aplikasi android yang telah disediakan oleh sistem, Informasi yang dicatat/dilaporkan yaitu berupa:

-Titik koordinat ( contoh pohon)

-gambar(sebagai validasi, untuk sementara konsep validasi.mennggunakan gambar)

-identitas pelapor

-tanggal.pelaporan

-keterangan tambahan

Laporan yang muncul di admin web seperti halnya peta kebakaran hutan di Riau itu beruapa titik titik/koordinat

Laporan tersebut akan muncul di pihak yang berwenang dalam hal ini adalah dinas tata kota

Berupa titik koordinat yang muncul dipeta/web GIS.sehingga pihak yang bersangkutan/berwenang dapat mengetahui secara jelas dimana lokasi yang dilaporkan.

 Sistem ini dibuat untuk memudahkan warga melaporkan sesuatu hal yang berkaitan dengan tata kota (contoh sementara pohon tumbang/rawan tumbang). Karena pada faktanya warga tidak boleh memotong pohon dipinggir jalan(jalur hijau )

 
 

JUDUL 3

SISTEM PAKAR KEBUTUHAN GIZI PADA ANAK SEKOLAH DASAR METODE CERTAINTY FACTOR

Latar belakang

Anak sekolah dasar sejatinya membutuhkan Gizi untuk tumbuh kembangnya. Jika Gizi kurang mencukupi maka akan timbul penyakit atau gangguan perkembangan. Karena tubuh anak anak masih rentan terhadap penyakit untuk itu dibutuhkan pengetahuan tentang gizi atau gejala-gejala akibat kekurangan gizi seperti Vitamin,protein,zat besi,dll serta juga membutuhkan solusi untuk masalah kebutuhan pada Gizi anak anak  sekolah dasar , ketika sudah mengetauhi identivikasi gejala kurangnya kebutuhan pada gizi dan juga sudah menemukan solusinya maka  dapat di tangani secara langsung.  jika tidak di hiraukan atau tidak cepat tanggap atau tidak tangani maka akan menyebabkan atau menimbulkan penyakit dan gangguan pertumbuhan fisik, tetapi juga mempengaruhi kecerdasan dan produktivitas di masa dewasa Untuk itu diperlukan sistem pakar yang dapat mengidentifikasi kekurangan gizi/kebutuhan gizi

Flochart sistes  

                             start

                                ↓

              Input gejala kekurangan  kebutuahan gizi

                                                      ↓

                                                     rule 

                                                       ↓   

                                           Certainty factori

                                                      ↓

                                          Hasil identifikasi

                                                      ↓

                                                    And

Tujuan aplikasi ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan gizi anak anak sekolah dasar Sehingga dapat mengetauhi kurangnya gizi pada  anak berdasarkan pada aplikasi tersebut

 

Disetujui Judul Ke-3

Munawarah, S.Kom., M.Si.

Agus Sifaunajah, S.Kom, M.Kom.

6

M. Fikri Rofiudin

IK

Aplikasi Penjual Keliling GO Online Menggunakan Android dan GIS

 
 

Ilustrasi: ketika seseorang ingin membeli sebuah makanan dan tidak ingin mengandalkan aplikasi GO FOOD / sejenisnya (makanan bermerk tertentu seperti KFC dan lain-lain). Dan lebih menyukai makanan penjual keliling, sedangkan kita tidak tahu apakah penjual  keliling yang biasanya melewati jalur tertentu (sekitar area kita) sudah dekat atau tidak.

Dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan pembeli yang ingin membeli makanan penjual keliling (contoh: Bakso bunda) dapat mengetahui apakah penjual bakso tersebut sudah dekat dengan area kita / tidak. jika sudah dekat maka bisa ditunggu atau mendatangi penjual tersebut, jika tidak ada / belum dekat dengan area pembeli maka dapat memilih penjual keliling lainnya. Dan aplikasi ini hanya untuk pedagang keliling yang mempunyai ponsel android.

Tujuan : 

  • Dapat menampilkan semua pedagang keliling yang melewati jalur tertentu
  • mendeteksi penjual yang terdekat dengan lokasi pembeli
  • mengetahui keberadaan pedagang keliling secara real-time
  • melakukan pemesanan secara online.

Manfaat:

  • untuk meningkatkan perekonomian pedagang keliling
  • untuk mempermudah pembelian makanan  tanpa harus menunggu lama di depan rumah.

 

Disetujui

DR. H. Muhyiddin Zainul Arifin, SH, SE, M.M.

Moh. Anshori Aris Widya, S.Kom, M.Kom.

7

Abdul Majid Al-Aziz

SI

Aplikasi TES PSIKOLOGI ANAK

des : Di dalam aplikasi ini terdapat beberapa menu

1. materi
2. soal tes psikologi
3. Bantuan
4. About

1.Materi : didalam menu materi ini terdapat beberapa materi dari pelajaran psikologi, Agas dapat menjawab soal yang nanti di sediakakn di dalam menu soal, maka pengguna harus membaca materi dan memahiminya terlebih dahulu,

2. Soal : Di dalam menu soal terdapat ada beberapa materi, disetiap materi ada 10 soal yang harus di kerjakan oleh user untuk menguji psikologi dari anak tersebut yang sudah di sediakan dengan pilihan ganda, dan stiap soal memiliki waktu untuk pengerjaanya yaitu 1 menit, Jika user sudah dapat menyelesaikan soal sebelum 1 menit maka nilai sudah tampil, dan dapat dilihat di bagian mana yang salah. namun jka dalam waktu 1 menit user masih blum slesai menjawab soal maka, aplikasi akan otomatis menyeslesaikan dan menampilkan nilai degnan notofikasi waktu habis, dan nilai di tampilkan

3. Bantuan, Di menu bantuan pengguna mendapat arahan cara untuk menggunkan aplikasi ini

4 About, Dimenu about berisi tentang deskripsi aplikasi, versi, developer, dan identitas pengembang

 

Disetujui dengan revisi:

  • Judul harus diperbaiki. platform aplikasi?, metode untuk menghitung nilai psikologi?
  • Konsultasikan dengan pembimbing 2.

Munawarah, S.Kom., M.Si.

Tholib Hariono, S.Kom, M.Kom.

8

Ridi Johantoko

IK

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN EVENT & LOMBA BERBASIS WEB

 
 

Contoh :

Sebuah Universitas mengadakan lomba/event kategori siswa SMP dan SMA, kemudian memposting lomba di sistem (web tersebut). Setelah terposting,  siswa SMP atau SMA yang sudah mendaftar pada web/sistem tersebut mendapatkan notifikasi ( ada event/baru yang sesuai dengan siswa tersebut)  jika tertarik maka siswa yang sudah terdaftar dalam sistem tersebut dapat mendaftar,  form pendaftaran sudah disediakan oleh sistem dan pihak pemosting (dalam hal ini Universitas)  dapat melihat berapa dan siapa yang sudah mendaftar. 

Bagi siswa yang belum mendaftar dapat mencari event/lomba secara tertarget dengan cara menggunakan fitur cari lomba -lomba untuk kategori (SMA, SMP dll) :

-rentan waktu

-tempat lomba

 
 

Sistem ini bertujuan untuk memudahkan Universitas (sebagai contoh)  dalam mempublikasikan event/lomba secara tertarget dan juga memudahkan siswa dalam mendapatkan informasi lomba/event.

Catatan: informasi yang disampaikan masih seputar lomba/event 

 

Disetujui

Siti Sufaidah, S. Kom., M.Si.

M. Afif, S.Si., M.T., M.PS.c.

 

 

 

 

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *